PROFILE PEMBALAP MOTOGP : Nicky Hayden

Diposting oleh Sofian , 23 Januari, 2009 15.49


Nama : Nicholas "Nicky" Patrick Hayden
TTL : Amerika Serikat, 30 Juli 1981
Nomor motor : 69
Tim : Repsol Honda
Juara Dunia :
1 (2006)
Karir :
Honda (2003-sekarang)

Nicky Hayden menjalani balapan pertamanya saat masih berusai lima tahun di ajang First minibike dirt track race. Mulai dari sanalah perjalanan karirnya di balapan roda dua bermula.
...
Keberhasilannya menjuarai AMA Superbike tahun 2002 menjadi lompatan besar buat Hayden yang langsung masuk ajang MotoGP setahun berselang. Dan di tahun pertamanya Hayden menunjukkan kalau dia punya potensi besar dengan menyabet gelar rookie of the year usai duduk di posisi lima klasemen dengan 130 poin, rekannya di Repsol Honda Valentino Rossi menjadi juara dunia tahun itu.

Setahun berselang performanya menurun karena cuma duduk di posisi delapan. Namun di musim 2005 posisi tiga klasemen akhir musim berhasil didapat dengan total poin didapat berjumlah 206.

Tahun 2006 jelas menjadi musim terbaik pembalap bernama lengkap Nicholas "Nicky" Patrick Hayden ini. Di musim keempatnya itu dia memutuskan dominasi Rossi, yang saat itu sudah hijrah ke Yamaha, untuk menggondol gelar juara dunia.

Banyak yang menyebut gelar juara tersebut didapat Hayden karena keberuntungan mengingat dia cuma bisa menang di dua balapan sepanjang musim itu, meski mampu naik podium sebanyak tiga kali. Kepastian The Kentucky Kid menjadi juara juga baru ditentukan di seri terakhir setelah dia mampu finish di posisi tiga sementara Rossi yang sebelumnya memimpin klasemen dengan keunggulan delapan poin terjatuh saat balapan.

Semusim setelah menjadi juara dunia performa Hayden kembali terpuruk. Cuma tiga kali naik podium dan tak menjuarai satu seri pun, pemilik nomor 69 ini melorot ke posisi delapan klasemen akhir, kalah jauh dari juniornya Daniel Pedrosa yang jadi runner up dengan 242 poi

1 Response to "PROFILE PEMBALAP MOTOGP : Nicky Hayden"

Anonim Says:

Nina I U mengatakan.........
hai nicky...
walaupun sekarang kamu lagi kurang fit,
tp aQ yakin km pasti bisa menjadi juara dunia lg seperti thn 2006,,,
semangat terus yach
Good Luck...

Posting Komentar