Soccer City Johannesburg - Stadion Sepakbola Terbesar di Afrika

Diposting oleh Sofian , 11 Juni, 2010 22.57


Soccer City Stadium adalah salah satu stadion penyelenggara 2010 World Cup. Sebelumnya dikenal sebagai FNB Stadium, Soccer City saat ini adalah stadion terbesar di Afrika dengan kapasitas 94,700 penonton.

Location: Johannesburg, South Africa
Coordinates: 26°14′5.27″S 27°58′56.47″E
Broke ground: 1986
Opened: 1989
Renovated: 2009
Expanded: 2009
Owner: The Stadia and Soccer Development Trust
Operator: South African Football Association
Surface: Grass
Constr. costs: Rand 3.3 billion (USD $ 440 million)
Architect: Boogertman & Partners, Populous
Capacity: 94,700 (football)
Tenants: South Africa national football team


Spoiler for Stadium design:

Desain Soccer City sendiri menyerupai calabash, pot khas Afrika. Bagian luar "pot" raksasa ini dilapisi dengan desain mosaik yang menggambarkan warna api dan bumi, dengan sebuah cincin cahaya di sekeliling bagian bawah stadion yang melambangkan api yg sedang membakar pot tersebut. Di dalam stadion, jarak penonton ke lapangan pertandingan tidak lebih dari 100 meter dan stadionnya sendiri didesain untuk kenyamanan penonton sehingga tidak ada satupun penghalang pandangan di dalamnya (biasanya di beberapa stadion sering kali ada bagian2 tertentu stadion yg justru menghalangi pandangan penonton ke lapangan, seperti penyangga atap atau tempat kamera televisi).

Sektor penonton di Soccer City dilambangkan dengan 10 garis vertikal hitam; 9 di antaranya mengarah (secara geografis) ke 9 stadion penyelenggara lainnya, dan garis kesepuluh mengarah ke Berlin Olympia Stadion di Jerman sebagai penyelenggara final 2006 World Cup. Setiap gol yg terjadi di Soccer City nantinya akan diabadikan di sebuah panel di salah satu podium stadion.

Spoiler for 2010 World Cup Fixtures:





































0 Response to "Soccer City Johannesburg - Stadion Sepakbola Terbesar di Afrika"

Posting Komentar