HONDA CS-1, Untuk Yang Digdaya

Diposting oleh Sofian , 22 Desember, 2008 15.25


Pabrikan motor Honda telah lama kita kenal sebagai pemimpin pasar kendaraan bermotor roda dua khususnya di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara, kini berusaha kembali menyuguhkan inovasi untuk membuktikan bahwa Honda masihlah yang paling digdaya. Setelah sempat saling berkejar-kejaran dengan Yamaha yang melakukan kampanye sensasi berkendara Yamaha melalui iklan-iklannya yang menarik, Honda tetap berkonsentrasi untuk melakukan terobosan-terobosan baru dalam menanggapi selera pasar dan trend pergerakannya.

Hasilnya adalaha rilisan terbaru motor yang disebut-sebut sebagai Mini-CBR. Dibanderol dengan harga 16,9 juta rupiah, Honda CS-1 adalah motor pertama yang menggabungkan penampilan stylish, sporty, garang, eksklusif dan sangat futuristik. So, mencuri-curi pandang terhadapnya adalah suatu hal yang layak karena kita tentunya ingin tahu sedigdaya apakah motor lansiran terbaru dari Honda ini. Chek this out :

Diposisikan sebenarnya untuk bermain di kelas motor bebek, tapi sekilas tampak seperti sedang mengendarai motor sport. Kita liat bagasi depan motor ini yang sepintas seperti motor sport pada umumnya, padahal tangki yang sebenarnya tetap berada di bawah jok seperti tangki motor bebek lainnya. Mesin dan body nya terlihat kekar dan bongsor, tapi jangan tertipu, beratnya hanyalah 114 kg. Mesin berkapasitas 125 cc dengan kepala katup silinder hanya sebanyak dua buah. Saat mengendarainya, putaran bawah sampai ke tengah terasa sangat besar dan akan melesat cepat sewaktu grip gasnya kita buka. Bandingkan dengan motor bebek sekelas, sensasi ini hanya ada di CS-1.

Untuk masalah akselerasi kecepatan, CS-1 mampu melesat di jarak 201 meter dalam waktu hanya 12,8 detik saja. Itu pun masih dalam keadaan standar dengan patokan limiter hanya mencapai 11.300 rpm demi keselamatan pengendara. Top speed dalam keadaan standar ini bisa mencapai 115 hingga 120 kpj. Cukup cepat dan tidak mengecewakan. Berikut disajikan uji akselerasi yang telah dilakukan dari pihak Honda.

* 0-60 km/jam : 5,59 detik
* 0-80 km/jam : 8,48 detik
* 0-100 meter : 7,54 detik
* 0-201 meter : 12,28 detik
* Top speed : 115 km/jam
* Konsumsi BBM : 46,2 km/liter (kecepatan max tidak lebih dari 70 km/jam)

Motor ini juga dilengkapi sistem penghitungan jarak dan kecepatan yang digitalized. Jadi kita tidak akan menemukan jarum di Speedometer. Perhitungan jarak hanya mampu mengcover info sebanyak 5 digit yang artinya akan kembali ke nol kilometer lagi apabila sudah mencapai 99.999 km.

Posisi setang, mmm, setang tampak tinggi dengan posisi menekuk ke dalam. Sangat nyaman dan membuat pengendaranya sangat leluasa bergerak. Bagasi kecil yang ada di bagian depan motor, cukup membantu pengendara untuk menyimpan beberapa item yang penting untuk dibawa. Sejatinya karena motor sport, yah cukuplah menaruh jaket atau jas hujan saja di bagasi ini.

Sasisnya yg bertipe twin tube ini lebih unggul timbang rangka yang bulat, oleh karena itu motor ini tetap stabil ketika diajak rebah. Lebih responsif dan gesit ketika diajak bermanuver baik di lintasan balap atau di jalan umum.

Tenaga CS1 yang 125 cc mampu mendongkrak 12,7 dk. hampir setara honda mega pro yang 160 cc dengan tenaga 13,1 dk. sebagai pembanding lagi, berat CS1 hanya 114kg. dibandingkan dengan supra x 125 yang lebih enteng yaitu 102kg, CS1 tetap lebih unggul, coba saja gunakan rumus power to weight rasio atau DK dibagi bobot total. CS1 yaitu 12,7/114 = 0,11 sedang supra x125 yaitu 9,17/102 = 0,09. wajar jika CS1 enteng dan bertenaga full lantaran power to weight rasio lebih besar, artinya tenaga motor sport tapi punya bobot bebek. Untuk yang bertubuh kurus hal ini bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri saat menggeber habis kecepatannya.

Well, mungkin sedikit ulasan di atas bisa membantu kita memutuskan untuk tertarik bergabung mengendarainya atau kita tetap setia dengan teman lama saja. Hanya 16,9 Juta rupiah saja kok !!

0 Response to "HONDA CS-1, Untuk Yang Digdaya"

Posting Komentar