Cara Merawat Helm

Diposting oleh Sofian , 30 Januari, 2009 09.27


Sobat.... Udah pada tau kan helm itu salah satu faktor keamanan berkendaraan. Bayangkan lagi enak-enak naik motor tiba-tiba kena semprit pak polisi, gak asik kan?? Udah bawa duit 50 ribu mau buat traktir si cewe ehh.... kena timpuk pak polisi lagi. Apesss dah....@sederhana Oya... helm juga sekarang udah banyak tuh model-modelnya dan mulai dari harga yang mahal sampai yang relatif murah. Namun, tetap aja harus dirawat dengan baik. Kalo gak dirawat waduhhh.... kayak apa tuh baunya... @sederhana

Pertama yang harus kita lakukan adalah siapkan alat-alat yang diperlukan. Alat-alat pembersih helm ada dimana-mana. Alat-alatnya antara lain tisu, kanebo, pembersih kaca, dan kit pengilap.

Kedua, mulailah membersihkan helm dengan tepat. Bagian kaca dapat dibersihkan menggunakan kanebo. Namun, dilakukan secara hati-hati dan perlahan dengan gerakan lurus ke bawah. Hal ini untuk menghilangkan partikel keras merusak atau mengores visor/kaca helm. Sebab kaca helm yang tergores membuat pecah pancaran cahaya yang diterima khususnya ketika malam hari.

Ketiga, untuk kaca helm yang kotor dengan debu atau serpihan serangga yang mati sebaiknya jangan langsung dibersihkan menggunakan kanebo. Semprot dan basahi dulu kaca tersebut dengan air biasa atau air sabun. Lalu biarkan air tersebut bereaksi dengan debu atau kotoran hingga melarut. Setelah dua menit, keringkan dengan lap lembut untuk menyeka kaca. Kemudian, setelah beberapa menit, baru dapat dibersihkan dengan menggunakan kanebo.
...
Setelah itu, siapkan pembersih kaca dan tisu. Semprotkan pembersih kaca ke kaca helm dengan takaran yang tepat. Lalu keringkan dengan tisu kering dan untuk bagian luar bisa dibersihkan dengan menggunakan kit/pengilat motor.

Keempat, bagian dalam helm. Nah... bagian ini sangat penting sebab jika lembab dan tidak pernah dibersihkan akam menimbulkan bau yang tidak sedap. Solusinya semprotkan pengharum dengan aroma yang tidak terlalu menyengat sesuai dengan selera Anda contohnya bisa menggunakan pengharum pakaian.

Terakhir, paling tidak setiap dua minggu sekali cuci bagian dalam helm yang dapat dilepas. Caranya, lepaskan bagian dalam helm tersebut, lalu siapkan air panas dan deterjen. Rendam bagian tersebut ke dalamnya, lalu bilas hingga bersih. Ingat, jangan dikucek atau diperas karena dapat merusak bagian busa yang ada di dalamnya. Setelah itu, segera keringkan di bawah sinar matahari.

Udah dulu ahh... mau bobo... jalan-jalannya ntar siang aja.... dan selamat merawat helm yaaaa... kalo gak dirawat ntar pacarnya yang bonceng bisa pingsan lho, karena kebauan helm hahaha....@guling

1 Response to "Cara Merawat Helm"

Anonim Says:

wah cocok nih buat yang belum punya motor, paling tidak belajar rawat helmnya dulu....

Posting Komentar